MANFAAT TELUR BEBEK

Telur bebek menjadi salah satu telur yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Dibandingkan telur lainnya, ternyata kandungan yang terdapat pada telur bebek jauh lebih tinggi dan lebih banyak dibandingkan telur ayam.. Manfaat telur bebek untuk kesehatan tubuh sangat banyak dan merupakan makanan yang memiliki cukup banyak penggemar. Ternyata telur bebek tidak hanya nikmat disantap, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu telur bebek juga rasanya lebih enak dibandingkan telur ayam. Tidak heran kalau telur bebek memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut 9 manfaat telur bebek yang perlu diketahui 

1. Menyehatkan Mata

Telur bebek mengandung Vitamin A tingkat tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan sebaiknya dikonsumsi secukupnya.  Tubuh membutuhkan sekitar 5000 IU vitamin A per harinya. Dari 1 telur bebek mengandung sekitar 480 IU vitamin A yang jika mengkonsumsi 1 telur bebek per hari akan memenuhi 10% kebutuhan vitamin A dari kebutuhan tubuh.  Jumlah tersebut sangat cukup agar memenuhi asupan vitamin A dan bisa dilengkapi lagi dengan makanan tinggi vitamin A lain, seperti wortel. 

2. Memiliki Kandungan Omega 3

Telur bebek memiliki kandungan Omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Omega 3 tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat, pembentukan dan perkembangan memori pada anak serta mencegah pikun pada orang dewasa. 

3. Memperkuat Immunitas

Vitamin A yang terdapat pada telur bebek akan meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas. Tercukupinya kebutuhan vitamin A tersebut akan membantu memerangi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Tangkal Radikal Bebas

Saat ini, manusia hidup dalam kehidupan kimiawi. Langsung atau tidak langsung, tubuh kita terkontaminasi oleh zat kimia setiap hari, bahkan beberapa kebutuhan sehari-hari kita terbuat dari zat kimia. Untuk diketahui, tubuh manusia dirancang hanya untuk menerima esensi alami.Jadi, jika tubuh terkontaminasi oleh esensi kimia yang berlebihan, itu akan mempengaruhi kesehatan kita. Salah satu penyakit yang disebabkan olehnya adalah radikal bebas.

5. Sumber Kalori Tinggi

Sumber kalori yang ada pada telur bebek mencapai 50% lebih tinggi daripada telur ayam. Demikian, dalam porsi yang sama, telur bebek mampu memberikan asupan kalori yang lebih tinggi dari telur ayam. Tingginya kalori tersebut menjadikan tubuh memiliki bahan bakar lebih banyak. Karenanya saat konsumsi telur bebek sebaiknya dibarengi dengan aktivitas yang sepadan supaya kalori bisa diolah secara maksimal.  

6. Membantu Tubuh Agar Lebih Berotot

 Bagi yang sedang rajin olahraga untuk membentuk tubuh, telur bebek termasuk salah satu makanan yang wajib dikonsumsi. Hal ini   karena adanya asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot inilah yang akan membentuk   tubuh terlihat lebih padat dan kencang. Sedangkan bagi wanita, tak perlu khawatir akan jadi kekar seperti pria, karena tubuh wanita   sejatinya tidak akan jadi kekar seperti pria meskipun rajin melakukan olahraga. Manfaat kesehatan lain dari mengkonsumsi telur   bebek  adalah meningkatkan kekuatan tulang, termasuk gigi.

7. Membantu Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat kesehatan lain dari mengkonsumsi telur bebek adalah membantu sistem pencernaan kita bekerja dengan baik. Sudah diketahui bahwa vitamin A yang terkandung di dalam telur itik memiliki banyak pekerjaan untuk kesehatan tubuh.  Vitamin E akan membantu sistem pencernaan sehingga dapat bekerja dengan baik. Selain itu, telur bebek memiliki tekstur yang mudah dicerna, sehingga tidak akan menyebabkan penyumbatan di usus karena mengandung vitamin E dan mudah dicerna, telur bebek akan mencegah kita menderita sembelit. 

8. Melancarkan Sistem Metabolisme

Manfaat telur bebek selanjutnya untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. Satu butir telur bebek mengandung 0,9 mg vitamin E, setara sebesar 3% atau dari kebutuhan vitamin E yang  dianjurkan per harinya oleh ahli nutrisi. Dengan asupan vitamin E yang cukup, metabolisme yang ada di tubuh bisa berjalan lancar, dan tumpukan lemak bisa berkurang.  Metabolisme yang baik dapat melindungi tubuh kita dari penyakit yang disebabkan oleh virus. Selain itu vitamin E juga  berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah radikal bebas.

9. Membantu Produksi Hormon

Telur bebek mampu  membantu hormon produk tubuh kita. Telur bebek mengandung selenium yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan hormon produk yang disebut tiroid.

10. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Diketahui bahwa telur bebek mengandung zat besi di dalamnya yang  memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Sel darah merah sangat penting bagi tubuh kita, seperti listrik untuk barang elektronik, tubuh kita tidak dapat bekerja dengan baik tanpa sel darah merah. Sel darah merah memiliki tanggung jawab untuk membawa oksigen yang dibutuhkan ke setiap bagian tubuh kita. Selain itu, zat besi juga memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan energi bagi tubuh  yang akan mencegah dari anemia.

11. Menambah Stamina

Kalau pernah minum Susu Telur Madu Jahe (STMJ),  rata-rata menggunakan telur bebek, selain telur ayam kampung. Hal ini karena sudah teruji, campuran telur bebek tersebut akan menambah energi dan stamina tubuh karena telur bebek mengandung protein tinggi.  Jika ingin menghindari bau amis, telur dicampur dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.  

12. Menyehatkan Organ Reproduksi Pria dan Wanita

 Pada pria, kandungan selenium yang terdapat pada telur bebek akan meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Sedangkan pada wanita, vitamin E dan B12 dari telur bebek akan membantu seimbangkan hormon dan menyehatkan ovum. Karena itu, konsumsi telur bebek cocok bagi pasutri yang sedang program memiliki keturunan.  

13. Perbekalan Bepergian Yang Awet

Manfaat telur bebek yang terakhir adalah bisa menjadi perbekalan yang awet. Saat akan bepergian jauh telur bebek bisa dijadikan telur asin sebagai bekal. Cita rasanya yang asin akan nikmat meskipun dimakan dengan nasi saja, dan praktis dibawa. Hanya telur bebek yang bisa dijadikan telur asin karena pori-pori kulitnya lebih mudah untuk menyerap air dan garam.  

Demikian manfaat telur bebek yang wajib diketahui. Yuk, masukan telur bebek sebagai menu harian agar bisa merasakan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Sumber : Dari berita kesehatan dan berbagai sumber

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :