Sejarah Distannak

Sejarah

              Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu  Dinas  yang lahir berdasarkan Qanun Kabupaten Nagan Raya Nomor 4 Tahun 2008, Dinas Pertanian dan Peternakan sebelum lahir Qanun tersebut diatas bernama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nagan Raya yang dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Nagan Raya Nomor 6 Tahun 2002 termasuk dengan instansi lainnya. Pembentukan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nagan Raya juga berdasarkan Qanun Kabupaten Nagan Raya Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kabupaten Nagan Raya, Setelah Qanun Nomor 4 Tahun 2008 Dinas Pertanian dan Peternakan tidak membawahi lagi Bidang Penyuluhan Pertanian, karena telah lahir Badan tersendiri yaitu Qanun Nomor 3 tahun 2008. Namun terjadinyan peleburan dinas dan badan kantor Bidang Penyuluhan kembali bergabung dengan Dinas Pertanian dan Peternakan dengan di terbitkannya Qanun Struktur Organisasi Dinas Pertanian dan Peternaka Nomor 16 Tahun 2016. Maka sejak Tahun 2017 Dinas Pertaian dan Peternakan memiliki 4 Bidang dalam melaksanankan tugas-tugasnya dapat terlaksana dengan baik dan jelas.

              Kabupaten Nagan Raya merupakan daerah agraris, dimana sektor Pertanian  menjadi sektor paling menentukan dalam pembangunan masyarakatnya. Produktifitas pertanian yang tinggi merupakan keberhasilan Daerah yang perlu dipertahankan dan dikembangkan. Namun, pencapaian keberhasilan usaha pertanian memerlukan suatu rencana kerja yang terarah dan tepat sasaran. Disamping penggunaan sarana produksi anjuran, pengembangan dan pendayagunaan sumber daya manusia, sarana dan prasarana usaha pertanian serta optimalisasi penggunaan lahan juga sangat diperlukan.

 

Letak Geografis Kantor

Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya terletak pada Lokasi Koordinat   04° 10. 298  Lintang Utara dan 096° 19. 358 Bujur Timur.

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp